Sejarah Permainan Sepak Takrow

Menurut sejarah, sepak takrow berasal dari Melayu. Permainan Sepak takrow mulai dikembangkan di Indonesia setelah adanya kunjungan tim sepak takrow dari Malaysia pada bulan September 1970 dan tim sepak takrow dari Singapura pada bulan April 1971. Kedua tim tersebut telah mengadakan pertunjukan di beberapa kota yaitu Jakarta, Bandung, dan Medan.

 Permainan Sepak takrow mulai dikembangkan di Indonesia setelah adanya kunjungan tim sepak Sejarah Permainan Sepak Takrow


Dengan adanya kunjungan dari kedua tim sepak takrow tersebut kemudian diadakan suatu pertemuan yang dimuali pada tanggal 29 September sampai 5 Oktober 1970 di Cipayung, Bogor. Dari hasil pertemuan tersebut Direktur Jendral olah raga dan pemuda menginstruksikan meminta agar olahraga sepak takrow segera dikembangkan dan dibina di seluruh Indonesia. Saat ini olah raga sepak takrow di Indonesia PB pertasi (persatuan sepak takrow seluruh Indonesia

Sejak adanya instruksi itu maka permainan sepak takrow mulai dikembangkan dan diadakan pembinaan-pembinaan di daerah-daerah. Pada bulan Agustus 1971, diberangkatkan sepak takrow Indonesia untuk mengadakan kunjungan balasan ke Malaysia dan singapura yang langsung dipimpin oleh bapak Supardi yang menjabat langsung sebagai direktur Olah raga dan Pemuda.

Permainan Sepak Takraw sampai sekarang ini masih merupakan salah satu cabang olahraga yang belum memasyarakat, belum menjadi kegemaran masyarakat dari semua lapisan. Permainan Sepak Takraw baru merambah kepada masyarakat lapisan menengah ke bawah. Hal ini disebabkan permainan ini sulit dilakukan, berisiko cidera atau sakit lebih besar, dan masih ada kelompok masyarakat yang menganggap permainan Sepak Takraw sebagai olahraga yang kasar. Namun demikian perkembangan permainan Sepak Takraw terjadi sangat pesat sekali. Hal ini dapat dilihat mulai tahun 1983, seluruh daerah di Indonesia sudah memiliki Pengurus daerah (Pengda) atau sekarang bernama Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Sepak Takraw Seluruh Indonesia (PSTI).

Permainan Sepak Takraw secara internasional telah membentuk induk organisasi tingkat asia sejak 1982, yang perkembangannya secara internasional sekarang ini sangat hebat. Tidak hanya negara-negara Asia Tenggara yang mengembangkan olahraga ini, tapi hampir seluruh bangsa di dunia ini mengembangkan permainan Sepak Takraw, seperti Amerika, Australia, dan sebagainya.


Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Permainan Sepak Takrow"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel